Pages

Tugas Tahap Perkuliahan Ke 4

Kamis, 01 Januari 2015
Laporan Aktivitas Belajar
Nama Lengkap
:
Nia Kurnia Asih
NIM/ No. Registrasi
:
11031413
Alamat email
:
Program & Opsi
:
STEI & SJW
Tahap Perkuliahan ke-
:
4
USBJJ
:
SEAMOLEC

Aktivitas Belajar Mandiri
Rangkuman materi perkuliahan yang telah saya pelajari (100-400 kata):
Debian adalah sistem operasi komputer yang tersusun dari paket-paket perangkat lunak yang dirilis sebagai perangkat lunak bebas dan terbuka dengan lisensi mayoritas GNU General Public License dan lisensi perangkat lunak bebas lainnya. Debian GNU/Linux memuat perkakas sistem operasi GNU dan kernel Linux merupakan distribusi Linux yang populer dan berpengaruh. Debian didistribusikan dengan akses ke repositori dengan ribuan paket perangkat lunak yang siap untuk instalasi dan digunakan.
Sistem operasi Debian merupakan gabungan dari perangkat lunak yang dikembangkan dengan lisensi GNU, dan utamanya menggunakan kernel Linux, sehingga populer dengan nama Debian GNU/Linux. Sistem operasi Debian yang menggunakan kernel Linux merupakan salah satu distro Linux yang populer dengan kestabilannya. Dengan memperhitungkan distro berbasis Debian, seperti Ubuntu, Xubuntu, Knoppix, Mint, dan sebagainya, maka Debian merupakan distro Linux yang paling banyak digunakan di dunia. Debian tidak hanya sekedar menyediakan sistem operasi: tetapi juga lebih dari 37500 paket-paket lainnya, berupa berbagai perangkat lunak terkompilasi yang dikemas dengan baik untuk memudahkan instalasi.
Linux adalah sistem operasi turunan dari Unix, semua perintah yang bekerja pada Unix juga dapat berkerja pada Linux. Ada banyak jenis/distribusi Linux, tetapi semuanya menggunakan perintah yang sama dan bisa diketikan melalui terminal CLI. Berbeda dengan GUI yang tidak memiliki standar, sehingga masing-masing distribusi memiliki antarmuka sendiri-sendiri.

Kendala atau kesulitan yang telah saya atasi (termasuk cara mengatasinya) dan yang masih saya hadapi:
Kendala yang saya hadapi di tahap perkuliahan ini adalah : belum tau itu ubuntu, linux dan lain sebagainya  jadi kurang paham dan kurang mengerti.
Cara mengatasinya adalah mencari tahu dari internet dan nanya ke teman atau ke kakak kelas yang sudah tau pelajaran ini dan sudah paham tentang linux.



Video Dokumentasi Belajar
Cuplikan gambar (screenshots) dari Video Dokumentasi Belajar yang telah saya buat:


























Link berikut menampilkan Video Dokumentasi Belajar yang telah saya upload ke Youtube:





Tidak ada komentar:

Posting Komentar