Pages

TUGAS Tahap Perkuliahan ke-1 (a)

Senin, 03 November 2014
1. Temukan makna yang sangat berarti sebagai motivasi
a. Carilah dan tuliskan 5 makna (arti penting) mengikuti program D1 ITB.
b. Buatlah penilaian 5 makna tersebut dari yang paling bermakna sampai yang paling kecil maknanya.
2. Kegiatan generik harian saat ini
Sebelum mengikuti program D1 ITB setiap peserta pasti memiliki kegiatan harian. Sekarang, tulis kegiatan harian tersebut, sesuai yang dilakukan sehari-hari. Tidak perlu sama untuk setiap peserta. Tidak perlu merasa salah kalau berbeda dengan rekan lain.
3. Merancang kegiatan generik harian IDEAL
Dari kegiatan generik harian yang ideal, buatlah rencana kegiatan generik harian IDEAl yang sesuai dengan peserta. Tidak perlu sama untuk setiap peserta. Tidak perlu merasa salah kalau berbeda dengan rekan lain. Yang terpenting, dapat mengalokasikan waktu yang cukup untuk belajar dan mampu dilakukan peserta secara konsisten setiap hari.
4. Merancang cara belajar mandiri
a. Tuliskan tahapan/ cara belajar yang selama ini dilakukan.
b. Buatlah Cara Belajar Mandiri berdasarkan contoh Tahapan Belajar yang generik (lakukan tiap tahap secara disiplin).
Jawabannya :

1. a) - Menambah wawasan dan ilmu yang bermanfaat untuk masa depan
- Meningkatkan kinerja individu atau potensi diri
- Membuka lapangan kerja bagi yang membutuhkan
- Membut sebuah karya untuk masayarakat yang membutuhkan
- Tidak tertinggal dengan perkembangan teknologi yang sedang berkembang pesat.

b) - Menambah wawasan dan ilmu yang bermanfaat untuk masa depan (point 4)
- Meningkatkan kinerja individu atau potensi diri (point 3)
- Membuka lapangan kerja bagi yang membutuhkan (point 2)
- Membut sebuah karya untuk masayarakat yang membutuhkan (point 1)
- Tidak tertinggal dengan perkembangan teknologi yang sedang berkembang pesat. (point 5)

2. Kegiatan generik harian saat ini
21.00-04.00 WIB Tidur malam dan bangun tidur
04.00-04.20 WIB Mandi 
04.20-06.00 WIB Sholat subuh
05.00-06.00 WIB Olahraga
06.00-06.30 WIB Sarapan pagi
06.30-06.40 WIB Persiapan berangkat sekolah
06.40-07.00 WIB Berangkat sekolah
07.00-15.00 WIB Belajar di sekolah + solat duhur
15.00-15.10 WIB Sholat ashar
15.10-15.30 WIB Persiapan pulang
15.30-15.50 WIB Mandi sore
15.50-1600 WIB  Persiapan mengaji
16.00-19.00 WIB Pembelajaran +solat magrib + solat isya + pulang
19.00-20.30 WIB Belajar
20.30-21.00 WIB Persiapan tidur


3. Rencana Kegiatan Generik Harian IDEAl
21.00-04.00 WIB Tidur malam dan bangun tidur
04.00-04.20 WIB Mandi 
04.20-06.00 WIB Sholat subuh
06.00-06.30 WIB Sarapan pagi
06.30-08.00 WIB Belajar & mengerjakan tugas perkuliahan & seamolec+ persiapan berangkat ke seamolec
08.00-08.15 WIB Berangkat ke seamolec
08.15-12.15 WIB Mengerjakan tugas perkuliahan + seamolec
12.15-13.00 WIB Istirahat + sholat duhur
13.00-17.00 WIB Pulang seamolec

4. a. Tahapan belajar selama ini yaitu sistem jarak jauh atau kita belajar melalui online, pembelajaran sistem ini ada manfaatnya untuk ku pribadi, aku tadinya belum tau sistem pembelajar seperti ini jadi sekarang jadi tau dan paham.     Lama
                     1.       Mengidentifikasi  tema dan tujuan materi 
                     2.       Mempelajari materi  dan mencari bahan untuk di pelajari
                     3.       Mengaplikasikan materi kedalam tugas yang di berikan
b.Cara Belajar Mandiri.
09.00-12.00 WIB Belajar
12.00-17.00 WIB Belajar
     Sekarang
1.       Fase Identifikasi : Mengidentifikasi tema dan tujuan materi yang ada di modul sebagai bahan yang akan di pelajari.
2.       Fase Mengakses (Invite) : Mengakses pengetahuan terdahulu yang sudah ada untuk tujuan mengetahui apa saja yang sudah di ketahui tentang materi yang di berikan selama ini.
3.       Fase Menyelidiki (Eksplorasi): Menyelidiki dan mempelajari pengetahuan yang di miliki terdahulu apakah sudah benar, setengah benar atau salah. Selanjutnya memperbaiki dan lebih mengeksplorasi materi dengan diskusi, mencari bahan materi di internet, membaca buku dsb.
4.       Fase Menjelaskan (Explain): Memperkenalkan konsep baru yang berkaitan dengan konsep pada fase eksplorasi dan memberikan kesempatan pada siswa untuk menghubungkan pemahaman baru dengan pengetahuan terdahulu. Instruktur harus mendorong siswa untuk menjelaskan konsep dengan kalimat mereka sendiri dengan saling menghargai dan mendengarkan.
5.       Fase Merinci (Elaborate) : Menerapkan hasil pemahaman baru pada konteks yang berbeda. Dengan cara memberikan latihan tugas tentang pemahaman baru tsb.
6.       Fase Menilai (Evaluasi): Mengevaluasi hasil belajar yang telah di lakukan.
 





Tidak ada komentar:

Posting Komentar